Allah menganugerahkan al-hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al-Qur'an dan As-Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah maka ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).

Tuesday 27 December 2011

Dahsyatnya Neraka

Anda tentunya pasti sudah diceritakan tentang neraka mengenai apa itu neraka oleh ibunda tercinta, ayahanda, paman, kakak, atau ustadz dari daerah masing-masing. Anda pasti merasa ngeri, kan? Kali ini saya mau membagi informasi tentang neraka berdasarkan Al-Qur'ān dan Al-Hadīts (Jangan lupa bawa Qur'ānnya).


Kondisi Penduduk Neraka


  1. Wajah mereka cacat dan terbakar (QS. Al-Mu'minūn:104)
  2. Setiap kulit yang hangus karena terbakar maka Allah akan mengganti kulit yang baru agar merasakan sakit(karena jika kulit terbakar saraf juga ikut terbakar dan tidak merasakan sakit lagi) dan seperti itu seterusnya.(QS. An-Nisā':56)
  3. Pakaian dari Qaţirān(قَطِرَانٌ) yang terbuat dari tembaga yang dilebur. (QS. Ibrāhīm: 49-50)
  4. Tidur dengan tikar dan selimut dari api neraka. (QS. Al-A'rāf:41)



Makanan dan Minuman Neraka


  1. Pohon Zaqqūm(شَجَرَتُ الزَّقُّومِ), Mayangnya seperti kepala setan dan tumbuh dibawah dasar Neraka Jahim. Bagi yang memakannya, maka ususnya akan terburai. (QS. Ad-Dukhān:43-46)
  2. Pohon Dharī'(ضَرِيعٌ), yaitu pohon duri yang sangat keras, tidak dapat menggemukan, dan tidak menghilangkan lapar. Karena ia menyumbat tenggorokan, tidak keluar, dan tidak juga masuk ke dalam perut. Demikian itu menurut Ibnu Abbas. (QS. Al-Ghāsiyah:6)
  3. Ghislīn(غِسْلِينٌ), yaitu nanah bercampur darah yang keluar dari penduduk neraka. (QS. Al-Haqqah:35-37)
  4. Al-Ĥamīm(حَمِيمٌ), yaitu air yang sangat panas yang akan disuguhkan dengan besi panas yang ujungnya di bengkokkan.(QS. An-Naba’:24-25)
  5. Al-Ghassāq(غَسَّاقٌ), yaitu air yang sangat dingin. Menurut Ibnu Umar ia adalah nanah kental yang jika setetesnya ditumpahkan dibarat bumi, niscaya penduduk timur akan memcium baunya yang sangat busuk. (QS. An-Naba’:24-25)
  6. Air Shadīd(مَاءٌ صَدِيدٌ), yaitu air nanah bercampur darah. Ibnu Rajab berkata, "Air Shadīd akan membuat wajah mereka hangus sekaligus membuat seluruh kulit kepala dan rambutnya mengelupas." (QS. Ibrāhīm:16)

Pintu-pintu Neraka


Jahanam memiliki 7 Pintu yang tiap pintu telah ditetapkan golongon yang akan memasukinya.
وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِّكُلِّ بَابٍ مِّنْهُمْ جُزْءٌ مَّقْسُومٌ

Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka. (QS. Al-Ĥijr: 43-44)

Para Penjaga Neraka


Allah menggambarkan tentang karakter malaikat penjaga neraka, mereka adalah makhluk yang sangat keras dan kasar.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلاَئِكَةٌ غِلاَظٌ شِدَادٌ لاَّ يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (QS. At-Taĥrim:6)


Jeritan, Rintihan, dan Rengekan Penduduk Neraka.


  1. Diantara kengerian neraka, yaitu: penduduknya menarik dan mengeluarkan nafas dengan merintih dan menjerit karena sangat pedihnya siksa yang dirasakan. (QS. Al-Anbiyā':100) dan (QS. Hūd:106)
  2. Penduduk Neraka  merintih dan memohon ampun agar dapat di keluarkan dari siksa neraka mereka berjanji akan beramal shaleh jika dikembalikan di dunia. Namun harapan mereka adalah harapan kosong dan doa mereka adalah doa yang sia-sia. (QS. Fāţir:37)
  3. Mereka meminta kepada Malaikat Malik (penjaga neraka) agar mereka dibunuh oleh Allah saja. Malaikat berkata,”Sesungguhnya kalian akan tetap berada di neraka ini.” (QS. Az-Zukhruf:77)
  4. Mereka juga meminta kepada Penghuni surga agar diberi sedikit saja dari air atau dari rezeki Allah yang diberi kepada Penghuni Surga. Namun Penghuni Surga menjawab, "Allah mengharamkan keduanya dari orang-orang kafir." (QS. Al-A'rāf:50-51)


Sumur dan Jurang Neraka


Kedalamannya sebagaimana yang disampaikan Rasullullah SAW dalam riwayat Muslim dari Abu Hurairah, ”Pada suatu hari kami bersama Nabi SAW. Lantas kami mendengar suara benda jatuh kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kalian, suara apakah itu?" Kami menjawab, ”Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Nabi Saw bersabda, "Itu adalah suara batu yang dikirim dari neraka jahanam sejak 70 tahun yang lalu dan sekarang baru sampai ke dasar neraka.” (HR. Muslim)

Akhir kata, kita berlindung kepada Allah dari semua ini.

نعوذ باللَه من تلك

No comments:

Post a Comment